• Fri. Jun 18th, 2021

Bunda Perlu Tahu, Inilah Cara Pilih Ukuran Sepatu untuk Si Kecil

Bymatakoran

Dec 14, 2020

Bagi para ibu muda yang baru saja memiliki buah hati, pastinya banyak hal yang rasanya ingin dilakukan, termasuk mendandani si kecil dengan perlengkapan fashion keren, bukan? Selain pakaian, sepatu juga jadi salah satu perlengkapan yang wajib dikenakan, khususnya bila membawa si kecil ke luar rumah. Beli sepatu anak bukan sekadar menyesuaikan selera saja, tetapi ada point-point lain yang harus diperhatikan.

Memilih Ukuran Sepatu Bayi

Point utama tentunya ukuran sepatu harus sesuai dan dijamin nyaman ketika digunakan buah hati. Berikut tips dalam memilih ukuran sepatu bayi dan anak.

1.     Sesuaikan Usia

Umumnya ukuran sepatu untuk bayi dan anak dirancang dengan mengikuti usianya. Misalnya sepatu untuk bayi new born,  1-3 bulan, dan lainnya. Berbeda dengan ukuran untuk anak-anak yang sudah menggunakan ukuran angka yang disesuaikan besarnya kaki. Nah, Anda bisa coba pilih sepatu yang disesuaikan usia si kecil.

2.     Perhatikan Ukuran Kakinya

Memilih perlengkapan bayi bukan hanya soal tampilan dan modelnya saja, ukuran juga jadi hal utama yang tidak boleh diabaikan. Karena sepatu digunakan untuk melindungi kaki, hingga menjadi alas kaki saat si kecil berjalan, pemilihan ukuran perlu diperhitungkan.

Banyak dari kita yang menganggap membeli sepatu dengan ukuran lebih besar dirasa lebih efektif karena bisa digunakan dalam waktu lama. Nyatanya, ukuran yang kebesaran bisa membuat kaki si kecil terluka dan mengurangi rasa nyaman.

3.     Pahami Fungsi dan Kegunaan

Memilih ukuran sepatu juga harus disesuaikan fungsi atau kegunaannya. Seperti di point sebelumnya, Anda lebih baik hindari memakaikan ia sepatu yang kebesaran atau kekecilan karena akan menimbulkan rasa kurang nyaman. Tidak itu saja, tetapi bisa pengaruhi proses tumbuh kembangnya, termasuk tumbuh kembang pada organ kaki.

Jenis dan bentuk sepatu yang beragam juga bisa dipilih dengan menyesuaikan fungsinya. Sebab bagi usia bayi yang belum bisa berdiri atau berjalan, mereka belum terlalu membutuhkan perlengkapan bayi sepatu dengan alas keras. Terpenting bisa melindungi area kakinya saja.

4.     Model yang Sesuai dengan Karakter

Dalam memilih sepatu, model bisa disamakan dengan karakter si kecil untuk membuat tampilannya terlihat lebih sempurna. Misalnya, anak Anda seorang bayi perempuan yang ceria dan lincah. Pilihlah model sepatu yang memiliki model simple, tetapi memiliki desain ceria seperti terdapat ornamen tali sepatu, terdapat kombinasi warna, dan ragam lainnya.

Walau banyak yang menyarankan untuk membeli produk perlengkapan berukuran lebih besar agar awet saat digunakan sebab ukuran bayi yang cepat sekali berubah karena masa pertumbuhannya, kenyamanan tetap menjadi hal utama supaya tetap bisa aktif dan saat dikenakan terlihat bagus. Tidak hanya beli sepatu saja, tetapi hampir segala macam perlengkapan yang buah hati Anda butuhkan.