• Fri. Jun 18th, 2021

Komparasi Honda Hr

Bykristanto123

Sep 11, 2020 ,

Kehadiran Kia Seltos di tanah air kembali membuat pasar compact SUV bergairah. Setelah Nissan Juke hilang dari peredaran, praktis Honda HR-V dapat melenggang mulus di kelas ini. Beruntungnya belakangan ada nama Hyundai Kona yang sedikit menggangu dan akhirnya produsen asal Korea Selatan lainnya ikut serta menawarkan Seltos.

Berbekal dimensi dan kapasitas mesin yang setara dengan Honda HR-V, Seltos bisa saja menjadi primadona baru dikala para konsumen bosan dengan model HR-V yang belum mengalami perubahan total sejak debut di Indonesia. Berikut beberapa perbandingan keduanya.

Dimensi

Kia Seltos hadir dengan dimensi panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.645 dan wheelbase mencapai 2.610 mm. Sementara HR-V menawarkan panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, tinggi 1.580 mm dengan panjang wheelbase 2.610 mm.

Dengan demikian, Seltos lebih panjang 21 mm, lebih lebar 28 mm dan lebih tinggi 65 mm ketimbang Honda HR-V. Meski begitu, keduanya hadir dengan wheelbase yang sama, hal tersebut memungkinkan kedua mobil memiliki ruang kabin yang setara.

Untuk floor clearance, ketinggian keduanya juga berimbang. Honda HR-V memiliki floor clearance 185 mm, sedangkan Seltos tercatat 183 mm.

Foto: Rafi

Mesin

Kia Seltos menawarkan mesin turbo yang jarang dimiliki rival di kelasnya, tercatat hanya Chevrolet Trax yang pakai turbo namun kini nasibnya sudah tak seru untuk dibahas. Mengandalkan mesin Kappa Turbo – Dual CVVT, Direct Injection berkapasitas 1.353 cc, Seltos mampu memproduksi tenaga one hundred forty ps pada rpm 6.000 dan torsi puncak 242 Nm yang didapat pada putaran mesin 1.500 hingga 3.200 rpm.

Dalam hal ini, HR-V 1.5 E dibekali dengan mesin 1.497 cc non turbo dengan curahan daya 120 ps pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm/four.600 rpm.

Jika dilihat dari performa mesin keduanya, Seltos jelas unggul berkat dorongan turbo yang dimilikinya. Tenaga Seltos lebih besar 20 ps ketimbang HR-V, sedangkan torsinya lebih besar ninety seven Nm.

Fitur

Berbicara fitur, baik Seltos maupun HR-V memiliki keunggulannya masing-masing. Dimulai dari fitur keselamatan, Seltos tampil dengan 6 buah airbags, sementara HR-V hanya memiliki dua buah airbags di bagian depan. Meski demikian, HR-V mengandalkan struktur rangka G-CON + ACEâ„¢ yang membuatnya lebih kokoh dan tahan terhadap benturan. Kemudian Seltos memiliki park assist dan dynamic parking guide untuk memudahkan Anda dalam memarkir kendaraan.

Berlanjut ke fitur hiburan, keduanya mengandalkan head unit layar sentuh berukuran 8 inci. Meski begitu Seltos telah dilengkapi fitur konektifitas Android Auto dan Apple CarPlay yang tidak dimiliki HR-V. Kemudian ia juga memiliki wi-fi charging yang tidak dipunyai HR-V.

Harga

Secara rentang harga, bisa dikatakan pesaing Kia Seltos bukanlah Honda HR-V Prestige yang merupakan tipe tertinggi dengan mesin 1.800 cc, melainkan HR-V tipe S hingga E yang mengandalkan mesin 1.500 cc.

Honda menjual compact SUV tersebut seharga Rp 297 juta hingga Rp 348,3 jutaan. Sedangkan Kia memasarkan Seltos mulai Rp 295 juta untuk tipe terendah, lalu varian EX dengan banderol Rp 320 juta, dan EX+ sebagai tipe tertinggi dihargai Rp 355 juta.