• Fri. Jun 18th, 2021

Perhatikan Cara Berikut untuk Melakukan Perawatan Luka Kanker di Rumah dengan Benar

Bymatakoran

Nov 21, 2020

Perhatikan Cara Berikut untuk Melakukan Perawatan Luka Kanker di Rumah dengan Benar

 

Penyakit kanker memang masih menjadi salah satu momok yang mengerikan bagi semua orang. Karena pada kanker yang sudah memburuk kondisinya, terkadang bisa menyebabkan timbulnya luka luar, seperti pada kanker payudara. Luka luar ini biasanya terbentuk oleh jaringan kanker iti sendiri. Selain karena hal ini, luka kanker juga bisa didapatkan pasca melakukan operasi. Luka kanker yang diderita sedikit banyak bisa membuat kualitas hidup pasien menjadi menurun. Karena tak jarang selain membuat masalah kesehatan, luka kanker juga bisa membuat tampilan bagian tubuh pasien tidak menarik lagi. Terkadang juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Maka dari itu, ketika melakukan perawatan luka kanker di rumah, harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang berkelanjutan.

 

Saat melakukan perawatan luka kanker ini, Anda tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Karena dikhawatirkan hal itu bisa membahayakan luka kanker atau bahkan menimbulkan infeksi. Anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti lokasi, jenis luka, dll. Jika Anda melakukan perawatan luka kanker secara mandiri di rumah, maka lakukanlah prosedur perawatan yang baik dan benar. Caranya dengan mengikuti beberapa tahap seperti yang berikut ini:

 

  1. Persiapkan alatnya.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan perawatan luka adalah mempersiapkan alatnya terlebih dahulu. Adapun peralatan yang dibutuhkan untuk merawat luka kanker, yaitu kasa steril, gunting, plester, kantong plastic, sarung tangan, NaCI 0,9%, pinset, salep luka, kom, dan perban untuk membalut luka. Anda bisa mendapatkan berbagai peralatan tersebut di apotek. Pastikan tangan Anda dalam kondisi steril saat menggunakan alat-alat tersebut.

 

  1. Langkah perawatan.

Untuk mulai melakukan perawatan, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan, yaitu:

 

  • Atur senyaman mungkin posisi luka sebelum melakukan perawatan.
  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan dan pastikan dalam kondisi sudah steril agar tidak menimbulkan infeksi.
  • Selanjutnya ganti balutan luka. Namun pastikan tangan yang memegang luka kanker maupun yang memegang alat dalam kondisi bersih dan sudah mencucinya menggunakan sabun.
  • Buang balutan luka lama yang sudah dilepas tadi ke tempat yang aman.

 

  1. Langkah membersihkan luka.

Jika sudah membuka balutan luka, maka langkah selanjutnya adalah melakukan tahapan pembersihan luka. Caranya sebagai berikut:

 

  • Cuci luka kanker dengan menggunakan kasa yang telah diberikan NaCI 0,9%.
  • Bersihkan luka kanker menggunakan kasa dan keringkan luka dengan kasa steril.
  • Jika sudah bersih, berikan perban atau oleskan salep pada bagian area luka tersebut.
  • Plester dengan tidak terlalu ketat namun juga jangan terlalu longgar. Atau bisa juga dengan memberikan balutan menggunakan verban.
  • Setelah selesai membalut luka, cuci tangan Anda hingga bersih.

 

Itu tadi berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan luka kanker di rumah dengan benar. Dengan melakukan prosedur atau langkah yang benar, diharapkan tidak akan menimbulkan infeksi pada luka. Untuk perawatan luka pada penderita kanker ini bisa dibantu oleh keluarga terdekat. Sehingga jika luka kanker terjadi pada anggota keluarga Anda, bisa Anda bantu cara perawatannya yang baik dan benar. Jika Anda cukup ragu dan khawatir dalam penanganan luka kanker pada penderita, bisa juga dengan mengandalkan jasa tenaga kesehatan professional. Bisa dengan mendatangi rumah sakit atau bisa juga menggunakan layanan kesehatan yang bisa dipanggil datang ke rumah untuk membantu merawat luka kanker dari penderita.