• Fri. Jul 30th, 2021

Beginilah Cara Mengobati Diare dengan Bahan Alami yang Bisa Anda Lakukan

Bymatakoran

Jun 17, 2021

 

 

Bahan alami merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah kesehatan yang Anda punyai. Dengan menggunakan bahan alami akan mengurangi efek samping yang dapat terjadi. Selain itu bahan alami juga mudah didapatkan di rumah, sehingga memudahkan untuk menggunakannya untuk obat yang akan digunakan sebagai pertolongan pertama. Misalnya saja bagi yang mengalami diare, ada banyak sekali bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasinya dengan mudah. Adapun beberapa jenis bahan alami sebagai cara mengobati diare adalah:

 

1. Cairan rehidrasi oral

Jenis bahan pertama yang dapat digunakan adalah untuk menghindari dehidrasi ketika mengalami diare. Diare dapat menjadi berbahaya apabila mengalami dehidrasi berat, sehingga perlu untuk mendapatkan penanganan di rumah sakit dengan infus. Sedangkan apabila masih dalam gejala ringan tanpa dehidrasi, diare sendiri merupakan kondisi yang tidak berbahaya. Untuk menghindari dehidrasi saat diare tersebut Anda bisa mengandalkan untuk membuat cairan rehidrasi oral. Oralit merupakan cairan rehidrasi oral yang mempunyai kandungan elektrolit. Sehingga dapat untuk menjaga cairan tubuh yang banyak berkurang dari frekuensi buang air besar yang sering dialami saat diare. Oralit dapat dibuat dengan bahan yang mudah yaitu garam, gula, dan air yang diaduk.

 

2. Yogurt

Bahan alami selanjutnya yang dapat untuk mengatasi diare yang dirasakan adalah yogurt. Ketika diare Anda mengkonsumsi probiotik yang merupakan bakteri baik yang ada di dalam beberapa bahan tertentu. Makanan yang kaya probiotik yang dapat ditemukan adalah dari tempe ataupun yogurt. Probiotik tersebut dapat untuk membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat. Selain itu probiotik juga berkhasiat untuk melindungi organ dari bakteri dan virus. Sehingga ketika mengalami diare bisa mengkonsumsi yogurt plain yang mudah ditemukan.

 

3. Jahe

Bahan alami selanjutnya yang dapat dimanfaatkan untuk pertolongan pertama ketika mengalami diare adalah jahe. Bahan ini mempunyai sifat antibakteri sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan diare. Dengan mengkonsumsi jahe juga dapat membuat pencernaan dan perut menjadi lebih nyaman. Karena jahe dapat membuat rasa mual dan muntah lebih berkurang bahkan juga dapat mengatasi kram perut yang dirasakan. Anda bisa mengkonsumsi jahe hangat atau teh yang dicampurkan dengan bahan jahe. Konsumsi jahe dengan teratur sehingga mendapatkan manfaat yang optimal.

 

4. Teh chamomile

Teh juga merupakan bahan alami selanjutnya yang dapat untuk membuat mengatasi diare. Anda bisa memilih jenis teh chamomile yang dapat menjadi obat diare paling efektif. Hal tersebut karena menurut penelitian, teh chamomile dapat memperbaiki kerusakan usus dan juga meredakan radang. Teh chamomile mempunyai sifat anti diare dan anti radang yang dapat menjaga usus tetap sehat. Anda bisa mengkonsumsi teh chamomile hangat secara rutin dan dicampurkan dengan jahe untuk efek yang lebih optimal. Hindari menambahkan gula dan akan lebih baik untuk mengkonsumsi teh chamomile tawar bukan yang manis dengan campuran gula.

 

 5. BRAT

Cara mengobati diare alami terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan BRAT. BRAT sendiri merupakan singkatan dari beberapa bahan yaitu banana, rice, applesauce, dan toast. Sehingga untuk membantu mengobati diare pilih jenis makanan yang cocok untuk dikonsumsi yaitu pisang, nasi, saus apel, dan roti tawar. Makanan tersebut baik untuk mengurangi gejala diare yang dialami. Selain itu BRAT juga mempunyai kandungan serat rendah, sehingga dapat membantu membuat tinja menjadi lebih padat dan melancarkan pencernaan bagi penderita diare.